code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Kekuatan Dahsyat Petir



"Sekali Sambar, Lebihi Kemampuan Seluruh Pembangkit Listrik Amerika"


Pernah nggak kalian saksikan langit ketika hujan deras turun di malam hari ?? Apakah kalian melihat langit tiba-tiba menyala dan terdengar bunyi menggelegar ? kalau iya, itu tandanya kalian telah melihat petir. satu kilatan petir yang kalian lihat itu merupakan cahaya terang yang terbentuk selama terjadinya pelepasan listrik di atmosfer saat hujan badai. Petir terjadi ketika tegangan listrik pada dua titik terpisah di atmosfer mencapai tingkat tinggi.

kilat petir sendiri terjadi setidaknya dalam dua sambaran. pada sambaran pertama, petir membawa muatan negatif mengalir dari awan ke permukaan tanah. kalau sambaran pertama ini telah mencapai permukaan tanah, sebuah muatan berlawanan akan terbentuk pada titik yang disambarnya. Dari peristiwa itu terbentuklah arus kilat yang kedua.

Perbedaan tegangan pada aliran listrik antara awan dan permukaan tanah ini ternyata mencapai jutaan volt lho... yang lebih menakjubkan lagi, energi yang dilepaskan oleh sambaran petir ini ternyata jumlahnya lebih besar daripada yang dihasilkan seluruh pusat tenaga listrik di Amerika Serikat.

Ngga' cuman itu, suhu pada jalur dimana petir itu terbentuk ternyata bisa mencapai 10.000 celcius. padahal, suhu di dalam tungku yang digunakan untuk meleburkan besi saja suhunya antara 1050-1100 celcius. Wow... panas sekali..!!

Walau suhunya sudah lebih panas daripada suhu di tungku, ternyata panas yang dihasilkan sambaran petir terkecil masih jauh lebih panas lho.. Nggak tanggung-tanggung panasnya bisa mencapai 10 kali lipatnya. Memang sih, jumlah itu masih lebih kecil dari suhu permukaan matahari yang panasnya mencapai 700.000 celcius itu. Artinya, suhu petir 1/7 (satu banding tujuh) suhu permukaan matahari. Dengan suhu panas itu petir bisa dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi ini. wow.. mengerikan sekali...

Kilatan petir untuk mencapai bumi 96.000 Km/jam. untuk sambaran pertama yang mencapai permukaan bumi, kilat petir ini cuma membutuhkan waktu 70 mikro detik. jadi secara keseluruhan petir itu terjadi cuma dalam waktu 1/2 detik.

Sekarang semua tahu kalau petir merupakan pertistiwa alam yang menakjubkan. bayangkan saja, bagaimana bisa sebuah kekuatan luar biasa seperti itu muncul dari partikel bermuatan positif dan negatif yang tak terlihat kasat mata ??

8 komentar:

hendrie k_bejo mengatakan...

ngeri juga yah sob...sangat dahsyat kekuatannya

pulsa murah mengatakan...

Petir memang mempunyai kekuatan dahsyat namun itu semua sebenarnya membuktikan kebesaran tuhan

Crockie mengatakan...

kalo bisa di buat tenaga listrik yang bisa diguna pakai kan ngak membazir.

Crockie mengatakan...

hebat juga kekuatan petir ya...

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

wah,bisa mampus kita di sambarnya.

panduan dan tutorial photoshop mengatakan...

waduh,..ngerinya,..,..

kartolocyber mengatakan...

Ok.. trims kunjungannya.. komen balik yaaa? banyak artikel dahsyat di blog.

Kampoenk -IT mengatakan...

weeew. . awesome

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar