code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Keajaiban dan Manfaat Senyum


Pernahkah anda berfikir bahwa hanya dengan sebuah senyuman dapat membuat hari-hari anda menjadi lebih baik? Jika belum, maka sudah saatnya anda untuk mencoba cara ini. Ini adalah cara pengembangan diri yang paling mudah dan tidak dipungut biaya tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan sehari-hari anda.


Banyak orang yang tidak menyadari kekuatan dari senyuman. Padahal hanya dengan sebuah senyuman, anda dapat menjadi lebih semangat, meredakan ketegangan yang ada, menghibur seseorang, dan masih banyak lagi. Dengan tersenyum, anda membuat aura positif dalam diri anda sendiri.

Tersenyum, suatu hal yang mudah dilakukan. Hanya butuh sedetik untuk merubah bentuk bibir menjadi tersenyum. Dan hanya butuh 7 (tujuh) detik mempertahankan sang senyum untuk terlihat sebagai ungkapan ketulusan hati.

Menurut definisi ilmiah, senyum adalah “ekspresi wajah yang dibentuk oleh tarikan otot terutama pada otot-otot di ke-2 (dua) ujung mulut”. Artinya, senyum tidak selalu identik dengan mulut. Senyum adalah ekspresi wajah secara keseluruhan. Itu sebabnya tatapan mata juga bisa mengindikasikan sebuah senyuman, dan bahkan cara menegakkan wajah juga berarti senyuman.

Sebuah senyuman melibatkan tak kurang dari 5 otot utama di sekitar mulut dan 48 otot lain disekitar wajah dan leher. Hasil akhirnya, adalah bagaimana anda bagi orang lain. Senyum tidak hanya menentukan ekspresi wajah, melainkan juga membuat otak memproduksi hormon endorphin. Hormon ini menurut ilmu medis, memiliki khasiat yang bisa mengurangi rasa sakit secara fisik dan secara psikhis. Itu sebabnya ada ungkapan “ SENYUM ITU SEHAT”. Begitu pula, otot yang berkontraksi saat kita tersenyum, jauh lebih sedikit dari pada otot yang berkontraksi saat kita marah. Maka lahirlah pepatah, “JANGAN MARAH NANTI CEPAT TUA”.

Tersenyumlah...Insya Allah kita akan mendapatkan KEAJAIBAN. Usahakan tersenyumlah dengan penuh keikhlasan dan penuh ketulusan dari dalam hati. Senyum tulus ada caranya, ada aturannya. Menurut penelitian senyum itu harus 127 yaitu :


1) Angka 1 (satu) artinya, sang senyum haruslah berasal dan bertujuan untuk menyatukan hati, hati yang memberi dan menerima senyum.

2) Angka 2 (dua) dan 7 (tujuh) artinya, menarik bibir ke kanan 2cm, ke kiri 2cm, pertahankanlah minimal selama 7 detik. Bila kurang 7 detik maka senyum itu akan hilang ketulusannya.

Awali hari-hari anda dengan tersenyum. Tampilkan senyum terbaik kita pada orang yang kita temui setiap hari. Dan nikmati KEAJAIBAN-KEAJAIBAN yang datang dalam hidup anda.


Berikut ini adalah manfaat senyum :

1. Senyum membuat anda lebih menarik.

Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari anda, tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.

2. Senyum mengubah mood anda
Ketika anda merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood anda akan berubah menjadi lebih baik.

3. Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya, dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.

4. Senyum dapat Mengurangi stress
Stress secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa ”down”. Jika anda sedang stresss cobalah untuk tersenyum, maka stress anda akan berkurang dan anda akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.

5. Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.

6. Senyum menurunkan tekanan darah anda
Ketika anda tersenyum,maka tekanan darah anda akan menurun. Jika anda tak percaya, anda boleh mencobanya sendiri, jika anda memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah anda.

7. Senyum mengeluarkan endorphins, (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.

8. Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda, dan merasa lebih baik.

9. Senyum membuat anda tampak sukses
Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji, yakin rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.

10. Senyum membuat anda tetap positif
Cobalah tes ini: Senyumlah. Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulit kan ? . Karena ketika anda tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa “hidup anda saat ini baik-baik saja”.


Maka jauhkan diri anda dari depresi, stress, dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu “senyum”, tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat, tidak kemudian berlebihan. Karena jika berlebihan, maka tentu orang lain akan menganggap anda kurang waras…lalu pertanyaan sederhananya… “sudahkan anda tersenyum hari ini…??”

1 komentar:

best thin clients mengatakan...

terima kasih atas share infonya sob... emang benar loh dengan senyum hidup kita akan selalu terasa indah & alam sekitar kita akan memberi energi positif kepada kita.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar