code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Cuaca buruk 1-3 Desember 2009


" WASPADA "

Sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca buruk pada hari ini, Selasa 1 Desember 2009 sampai Kamis 3 Desember 2009. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca buruk berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi karena terdapat aktifitas daerah pusat tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah Barat dan pusaran angin tertutup di Laut Natuna sebelah Barat Laut Kalimantan.

Kondisi itu berpotensi membentuk daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan hingga Kalimantan bagian Utara serta dari Maluku Utara hingga Papua bagian Utara. Selain itu, hangatnya kondisi suhu muka laut di hampir semua wilayah perairan Indonesia memberikan suplai uap air yang cukup bagi wilayah - wilayah daratan di sekitarnya. Selain itu, kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia cukup besar , yakni lebih dari 60 persen.

Kondisi-kondisi tersebut memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan hujan terutama di wilayah Indonesia sebelah Selatan khatulistiwa. Perlu juga diperhatikan adanya aktifitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal dimana hal tersebut akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan - awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Berikut daerah-daerah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang:

1) NAD
2) Pesisir Barat Sumatera
3) Pesisir Timur Sumatera bagian Utara dan Tengah
4) Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan
5) Jawa Barat
6) Jabodetabek
7) Jawa Tengah bagian Utara dan Barat
8) Jawa Timur bagian Utara
9) Sebagian besar Kalimantan
10) Sulawesi bagian Tengah, Barat, Tenggara dan Selatan
11) Maluku Utara dan Tengah
12) Papua bagian Utara, Barat dan Tengah

(VIVAnews.com)

29 komentar:

muktiali mengatakan...

mudah2n bangsa kita aman sentosa

Paul Junior mengatakan...

info bagus sobat :)

Chendra mengatakan...

GOOD INFO...
GO FINANCIAL FREEDOM GO
TALK LESS DO MORE MAN

all about samarinda mengatakan...

Samarinda...nggak ada yaa...syukurlah....mudahan ada persiapan yg lebih baik dengan badai kali ini...

jola76 mengatakan...

makasih infonya sobat

captain mengatakan...

thanks untuk peringatan dininya sob, emang dimana2 lebih baik sedia payung sblm hujan.

Claudia mengatakan...

Nice picture!

AnekaCampur mengatakan...

Memang belakangan hujannya makin lebat. Moga2 jangan sampai banjir deh.

ac milan indonesia mengatakan...

thanks infonya sob..

Sadewa mengatakan...

gambarnya bagus ya semoga aja aman2 aja dan damai sentosa amin

Animation, money n more mengatakan...

wah daerah ku ada di daftar cuaca buruk ini tpi smga gag ada apa2 sih...

Chen'Z mengatakan...

GO FINANCIAL FREEDOM GO

Rossy R mengatakan...

Semoga ada hikmahnya dibalik ini semua..

Hia mengatakan...

Semoga z gag terjadi apa-apa brow

Fais mengatakan...

muDah2an aja ga' terjadi kLo mank terjadi aKu haRap ga' meneLan korban jiWa....

Mas acrom mengatakan...

mantabs bener nih templatenya...

bliyanbayem mengatakan...

wah untung Bali nggak ada di daftar ya. tapi mesti tetap hati2

ivan kavalera mengatakan...

Mampir ke blog keren n informatif ini. Salam.

Didiet mengatakan...

jakarta bakalan banjir lagi niiiii

izzah mengatakan...

smile.. smile for you.. smile back..

Osi mengatakan...

Di sini hujan deras banget nih...

Thanks untuk artikelnya

Munir Ardi mengatakan...

hujan kayaknya tidak bakal berhenti lagi bersiaplah untuk banjir kunjungan perdana di blog bagus ini

Iqbal mengatakan...

yah.. berdoa aja kepada tuhan... jangan sampai terjadi bencana dsb... amin

Mif on the duty mengatakan...

mampir bro,serem juga petirnya...
lapor,di Bandung kadang hujan kadang panas bro,tapi puncak musim hujan belum nyampai bro,
mungkin akhir desember ini baru deras banget n ujan sehari-hari

CGOB mengatakan...

Yuk Kite Berdoa Aje biar Pade Selamet semua ^^

kelik mengatakan...

yah sekarang sudah tanggal 4

www.sampara.com mengatakan...

Nice blog, keep posting bro

1000jalan mengatakan...

kalau dirasakan perubahan cuaca belakangan ini mmg g menentu. Seperti halnya di malang, saat ini nuansa dinginnya sudah agak berkurang.
Semoga bumi kita terhindar dari bencana-bencana yang tidak kita duga sebelumnya.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar