code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Tips Arus Mudik dan Arus Balik



Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Aktivitas masyarakat di kota pun terlihat berkurang. Jalan-jalan mulai lengang. Para pekerja sudah berancang-ancang mengambil cuti panjang. Tiket-tiket sudah habis dipesan. Semua demi satu tujuan, berkumpul bersama keluarga di hari raya.


Bagi masyarakat urban, acara mudik ke kampung halaman adalah ritual yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah rintangan. Tak jadi soal perjalanan jadi lebih panjang daripada hari-hari biasanya. Nah, bagi mereka yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi. berikut tips ringan yang perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Untuk yang mau mudik pakai mobil, ini tipsnya.

1. Cek kondisi mobil
sebaiknya gunakan di bengkel resmi (sekali setahun masih lebih murah dibanding kerusakan yang terjadi karena memakai bengkel amatir).

2. Bawa perlengkapan standard
tools kit, dongkrak, ban serep, kotak P3K, segi 3 pengaman (bukan CD), kunci roda, senter, syukur2 punya pompa electric (sambung dengan colokan listrik). Ember dan beberapa biji air aqua 1 literan (untuk diminum dan siapa tahu radiator tiba-tiba ngadat, minta minum terus).

3. Cek kondisi tubuh.
Tanya pada diri sendiri, seberapa kuat nyetir. Kalau tidak yakin sebaiknya pakai sopir profesional, atau cari co pilot.

4. Beri briefing
pada seluruh peserta mudik bahwa selama perjalanan wajib pasang muka senyum, karena muka tanpa senyum tidak bermanfaat dan muka dengan senyum dapat menghilangkan penat di jalan.

5. Bagi yang ikut milis
segera lapor untuk menonaktifkan keanggotaan untuk sementara atau minta terima rangkuman imil harian (1 imil satu hari)

6. Meskipun puasa
ada baiknya bawa makanan yang terjamin gizi dan kebersihannya, karena saat mudik banyak warung yang tidak sempat nyuci piring dengan baik [akibat kelarisan]. Warung yang terjamin kebersihannya tapi kurang bergizi adalah fast food fried chicken.

7. Atur tumpukan barang
mulai dari yang paling tidak diperlukan di jalan sampai yang sewaktu-waktu diperlukan di jalan.

8. Untuk buang air (kecil maupun besar)
pilih pom bensin yang besar, jadi kalau ngisi bensin jangan penuh-penuh biar bisa mbagi rejeki ke beberapa pom bensin [ini saran tanpa dasar tapi logis lho..!:-)]

9. Jangan pernah merasa benar
meskipun anda berada di jalan yang benar. Risikonya ditabrak orang yang salah jalan, sehingga nggak sampai ke kampung malah masuk rumah sakit. Mengalah setahun sekali banyak pahalanya. Amin.

10. Peta
Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana Anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.

11. Sebelum berangkat
pastikan lagi semua kabel listrik sudah tercabut dari colokannya (lemari es, tivi, setrikaan, radio, dll). Regulator tabung gas sudah dilepas dari tabungnya. Semua pintu sudah terkunci. Taruh sandal beberapa biji di depan pintu (mengesankan ada orang di dalam). Bila memungkinkan pasang lampu sensor (malam nyala dan siang mati). Bawa ID Card (KTP, SIM, STNK) yang masih berlaku. Berdo'alah sebelum berangkat. Berdoa sepanjang jalan dan bersyukur bila sudah sampai dengan selamat.

12. Bagi yang membawa anak kecil
pastikan semua keperluan dan kebiasaan anak sudah kita pahami, sehingga kita sudah punya jadwal kapan berhenti dan apa saja yang perlu dibawa untuk mengatasi kerewelan anak.


Untuk yang mudik dengan sepeda motor, aku dapat beberapa contekan dari bengkel AHM. Ini tipsnya :

1. Pastikan kondisi badan sehat. Lakukan pemanasan fisik dan persiapan mental/emosi.

2. Gunakan perlengkapan standard (helm full/half face, sarung tangan, jaket berwarna terang)

3. Siapkan perlengkapan standard (kunci pas/busi, tang, obeng min-plus, lap dan peta mudik)

4. Masukkan dulu ke bengkel resmi
untuk pemeriksaan lengkap (bensin, fuel tank, aki, kelistrikan, oli, ban, trantai, rem, kebocoran oli, lampu, kaca spion dan klakson)

5. Istirahat setiap 1-1,5 jam perjalanan.
Cari tempat yang bersih untuk ISHOMA (pom bensin besar, warung fast food, dll) hindari warung yang terlalu laris (nyucinya sering kelupaan), jadi bagi-bagi rejeki ke warung yang kurang laris (tapi bersih dan murah).

6. Cukup dua orang untuk satu sepeda motor, jangan memaksakan diri untuk mengajak anak kecil.

7. Berhenti jika ingin menerima talipon [HaPe]

8. Jangan Lupa membawa jas hujan

9. Saat jalan beriringan
jaga jarak aman dan hindari ngobrol dengan pengendara lain. Kalau nggak kepaksa, jangan nyalip deh (apalagi dari sisi kiri)

10. Pastikan HaPe dalam kondisi full charge
Bila membawa beberapa HaPe, cukup salah satu atau salah dua yang dihidupkan. Bila dianggap perlu beli kartu perdana beberapa biji (dari beberapa operator), sehingga selalu dapat sinyal dimanapun berada. Jangan lupa bawa chargernya.

11. Ini yang sulit bawa barang secukupnya,
sesuaikan dengan kemampuan motor atau risiko motor tak terkendali akan menimpa anda dan dapat mencederai pengendara lain.

12. Sabar dan jauhkan emosi sesaat
patuhi rambu-rambu lain. Biarkan orang lain tidak patuh, tapi anda HARUS PATUH ! [ngerti nggak??!?? He..he..he.. kok malah aku yang emosi...!:-)]

13. Sebelum berangkat
pastikan lagi semua kabel listrik sudah tercabut dari colokannya (lemari es, tivi, setrikaan, radio, dll). Regulator tabung gas sudah dilepas dari tabungnya. Semua pintu sudah terkunci. Taruh sandal beberapa biji di depan pintu (mengesankan ada orang di dalam). Bila memungkinkan pasang lampu sensor (malam nyala dan siang mati). Bawa ID Card (KTP, SIM, STNK) yang masih berlaku. Berdo'alah sebelum berangkat. Berdoa sepanjang jalan dan bersyukur bila sudah sampai dengan selamat.

Semoga selamat sampai di tujuan.
Amin...



1 komentar:

sijagur mengatakan...

wah.. nice tip.. sayang ane gak pernah mudik.. maklum ane anak betawi asli.. hihihi

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar