code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Sejarah + Perkembangan Google ?


Wah rasanya kalau kita bicara 2 Pendiri Google orang ini kayak nya penuh Cerita Sukses Seru yang fenomenal, bayangkan Hanya dalam waktu 10 tahun lebih, mereka berhasil menempati posisi 5 besar warga terkaya di AS pada tahun 2007 kekayaan mereka US$ 18.5 Milyar. dan menjadi TOP 30 Orang Terkaya Didunia, wew gimana gak kaya mereka aja bisa membayar Ratusan Ribu Orang didunia dari Program Google Adsense Publisher newbie kelas newbie seperti saya saja mampu dibayar dengan angka cuman dikit $ perbulan, nah kalau dilihat dari 10 web terbaik versi alexa (data versi oktober 2008) 3 web adalah milik om google yakni youtube, google.com dan blosgpot. Dari kekayaan tersebut mereka kini telah memiliki pesawat pribadi Boeing 767. weks bagaimana kalau kita baca aja sedikit mengenai sejarah pembuatan google ...


Pada awalnya, dua orang pemilik google yaitu Larry(34) Page dan Sergey Brin(34) membangun Backrub Project. Namun karena mengalami kemunduran, mereka berdua berniat menjual backrub project kepada Ask (kalau tidak salah). Namun pihak Ask menolak karena mereka lebih percaya kepada mesin buatan mereka sendiri. Karena tidak bisa dijual, mereka menginginkan nama baru untuk mesin mereka. Awalnya mereka menginginkan nama googol untuk search engine barunya. Mungkin kata ini jika dicari di kamus tidak ada artinya. Namun mereka berdua mengklaim bahwa googol mempunyai arti yaitu 10 pangkat 100 (entahlah). Saat mereka akan membeli domain, ternyata terjadi kesalahan dalam pengetikan dan berubah menjadi kata Google. Nah itulah sejarah Google. Aku gak habis pikir, masa' perusahaan sebesar itu berawal dari kesalahan menulis nama domain?? (he..he..)

Google Inc berkantor di Googleplex, di selatan San Fransisco Bay. Sekitar 16 ribu karyawan Google ngantor tanpa memakai seragam. Bisa membawa anjing ke kantor. Ada tempat bermain bagi anak-anak karyawan, layanan tukang pijat profesional, dan fasilitas lain yang tidak ada pada kantor-kantor perusahaan umumnya.

Bekerja serius dan kreatif tapi santai, begitulah kehidupan di Googleplex, kantor pusat Google di Mountain View, Santa Clara County, California. Googleplex adalah pelesetan dari kata Google dan complex. Wikipedia mencatat, Google Inc. yang didirikan 1998 dari sebuah garasi rumah oleh dua mahasiswa Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, telah membeli empat gedung di areal seluas 47,038 m² itu seharga $319 juta atau sekitar Rp3 triliun. Di sanalah para karyawan Google sehari-hari bekerja.

Semua kesan santai bekerja di Googleplex tersebut sebenarnya sudah tergambar dari logo Google yang berwarna-warni, sering dibuatkan animasi pada hari-hari tertentu, dan pada bulan April suka bercanda dengan berita-berita bohong yang bikin orang kaget.

Kupikir masyarakat dunia wajar tercengang melihat pertumbuhan Google yang pesat dan menjadi raksasa Internet, menjadi mesin pencari terbesar dan pelayan iklan online terkaya. Apalagi ternyata perusahaan ini “tidak disiplin” layaknya perusahaan Indonesia atau instansi pemerintah RI — yang mewajibkan pegawainya memakai seragam plus baris-berbaris di apel pagi sembari menghormat bendera, bahkan sering dimulai dan diakhiri dengan doa.

siapakah Hubert Chang ... ???

Kejutan yang cukup menarik ketika seseorang mengaku telah membantu Larry Page dan Sergey Brin dalam pembuatan Google di tahun 1997 lalu. Seorang lelaki yang mengaku bernama Hubert Chang. Hubert Chang mengaku telah memiliki rekaman video yang diklaimnya telah merepresentasikan pembuatan Google sekaligus instrument pengembangan Google, yang sekarang ini telah menjadi pemimpin dunia search engine Internet dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 135 miliar.

“Google telah didesain oleh Larry, Sergey dan saya pada bulan February 1997. Desain termasuk algoritma search engine, bisnis model yang disebut AdSense dan AdWords, nama perusahaannya, arsitektur sistemnya, budaya corporasi seperti untuk sekolah, dan pola perkembangan Google. Semuanya ada dalam video yang sudah diupload sejak Desember 2007.”, kata Chang.

Chang menambahkan, mungkin orang berpikir bahwa dirinya bohong atau gila atau membuat orang kecewa, namun sesungguhnya itulah kejujuran dari dirinya. Chang mengatakan dirinya dikenalkan dengan Page dan Brin pada Januari 1997 oleh professor ilmu computer dari Standford University, Rajeev Motwani. Ketika itu, Chang masih berstatus mahasiswa, dan kemudian mereka bertiga berkolaborasi membuat search engine. Namun, ketika Larry dan Page ingin mencantumkan nama Chang kebuku akademik yang menjelaskan system ranking website Google, Chang menolak dengan alasan ingin berfokus pada tugas disertasi Ph.D-nya.

Setelah lulus gelar S2-nya di tahun 2002, Chang kemudian berusaha menghubungi Larry dan Brin, namun bukan berasal dari Larry dan Brin secara langsung, tetapi dari pihak ketiga, yang kemudian masing-masing kehilangan kontak. Chang menegaskan Larry dan Brin sama sekali tidak mengkomunikasikan perkembangan Google, padahal ia sama sekali tidak mengubah alamat emailnya.


"Jadi pendiri GOOGLE tuch ada berapa sich ... ?? ku jadi bingung ... "

7 komentar:

Feri mengatakan...

postingan yang keren banget sob...

kang dwi mengatakan...

great post.
btw kolom komentarnya berat banget browww

定请 riZky 送全部 mengatakan...

Makasih banyak ya sob ....

定请 riZky 送全部 mengatakan...

makasih.
tpi prasaan ga berat kok ....

goceng mengatakan...

mantap ya..salut atas kerja kerasnya...
andai aja aq jadi dia...wuih..ngayal dulua ach

定请 riZky 送全部 mengatakan...

mantab ...
gpp sob, mengkhayal tuch bs menambah imajinasi kita, dan bisa mewujudkan cita-cita kita ... :D

terpidana mengatakan...

keren keren keren

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar