code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

MOS (Masa Orang Stres) ???


MOS ... ?? Apa sih sebenarnya MOS itu ?? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa orientasi adalah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb.) yang tepat dan benar. Jadi MOS itu memiliki tujuan yang bagus yaitu mengarahkan para siswa baru untuk bersikap sesuai norma dan aturan yang berlaku di sekolah mereka.

Tapi pada kenyataannya MOS itu hanya ‘pembohongan’ saja. Kenapa? Sebab banyak aturan dan norma yang terlalu dilebih-lebihkan, dan hal tersebut malah membuat image MOS menjadi buruk. dengan kata lain "Masa Orang Stres". Mengapa disebut demikian, karena MOS adalah suatu perbuatan yang menyusahkan dan membuat stres para calon siswa yang akan memasuki sekolah barunya. dan Ironisnya MOS sering juga disebut ajang "Balas Dendam" yang dilakukan kakak senior terhadap juniornya walaupun berkedok untuk melakukan pengenalan dan aturan-aturan di sekolah.

tapi kali ini kegiatan MOS memang sudah berlebihan, dan patut mendapatkan Julukan "Membuat Orang Sekarat".

Yupz ... kali ini julukan itu patut di berikan kepada kegiatan MOS ini, karena kegiatan tersebut telah merenggut nyawa saudara kita, Roy Aditya Perkasa (16 thn), warga Wisma Tropodo Jalan Flamboyan AH-16 Waru, Sidoarjo. Salah satu siswa SMA Negeri 16 Surabaya.

Roy pingsan ketika mengikuti kegiatan MOS. Dia sempat dirawat di unit kesehatan sekolah (UKS). Karena tak kunjung siuman, Roy akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari. Sekitar pukul 16.00 WIB nyawa Roy tak tertolong. Kemudian jasadnya dikirim ke RSU dr Soetomo untuk diotopsi. Kemudian jasad baru bisa dimakamkan puku 22.00 WIB di pemakaman Perumahan Kepuh Permai, Sidoarjo. Diduga anak tersebut meninggal dunia akibat kecapekan dan memikirkan tugas MOS yang diberikan oleh kakak senior mereka. Semalam, misalnya, Roy harus mencari kembang api, kayu, dan minyak gas yang disuruh kakak kelasnya di SMA 16.

Ku yakin, di balik apa yang Ku lihat ini, MOS punya misi dan tujuan yang baik bagi siswa. Meski demikian, dalam pelaksanaannya sebaiknya tidak membuat siswa minder, malu, tidak pede, dan sebagainya. Dengan dalih membangkitkan minat dan semangat siswa, yang ada justru sebaliknya. Jangan sampai siswa baru stres hanya gara-gara MOS. MOS memang diperlukan karena memiliki tujuan dan manfaat yang bagus bagi sisw-siswa baru. Namun dalam hal pelaksanannya harus dibuat aturan yang sangat ketat dan disertai pengawasan ekstra dari guru dan kepala sekolah.

Buat adik-adik yang sedang di-MOS jangan stres donk! Itu suma boongan kok! Kalau kalian berani sih lawan aja tuh kakak kelas bila mereka bertindak berlebihan. Oke..!!!

6 komentar:

Tomi Utomo mengatakan...

Benerrrrr bgt!!!
Hapuskan MOS!!

Lanjutkan!!! :D

mocca_chi mengatakan...

aku jadi bersyukur waktu esema dulu, MOSku ga parah,cuman upacara pagi,lalu smeinar seminar dan game sekali. ga mirip MOS sekarang ini :o

vie_three mengatakan...

MOS yach??? hmmmm masa2 MOS-ku sech gak sampe yg ada di berita2 dech, biasa2 ajah malahan..... tp gak tau niy entar MOS jadi mahasiswa, nakutin kayaknya malah jadi deg-degan niy..... :@

alnect komputer mengatakan...

hehe..ada2 aja....lucu juga ya liat MOS...:))
eh maaf lama nih gak maen2....bos, dukung aku di kontes review alnect komputer...atau mau daftar juga..pake linku aja..hadiahnya kan notenook gratis bos...

http://alnect.net/blogcontest/?ref=nunung.indrianto@gmail.com

hottest mengatakan...

Informasi bagus nih,

Video dota mengatakan...

http://videodota.info
tempatnya video dota.hehehe numpang
ehm,aku setuju mos dan ospek ditiadakan :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar