code-code-an sIFR in Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template Free Blogger Template

post:

Akankah Facebook Bangkrut??



"Mungkinkah Facebook Bangkrut ... ??"

Masa depan Facebook terus dipertanyakan karena hingga kini terus merugi. User yang mencapai 200 juta juga memerlukan biaya operasinal yang tidak kecil. Apalagi situs jejaring sosial terbukti rentan ditinggalkan usernya, seperti terjadi pada Friendster maupun MySpace.

Facebook bisa berkaca pada situs jejaring sosial yang lebih tua dan juga sangat sukses MySpace yang kini mengalami masalah. Padahal MySpace sangat sukses karena mendapat perjanjian iklan yang profitable dengan Google. Selain itu punya orangtua bijaksana, sang raja media Rupert Murdoch, serta mempekerjakan lusinan konsultan di seluruh dunia. Tapi MySpace dengan cepat memudar dan memaksanya untuk menghentikan ribuan tenaga kerja dan menutup kantor di seluruh dunia. Selain itu MySpace juga ditinggalkan pendirinya Chris de Wolfe.

Sejarah Facebook berbeda dengan banyak dotcom yang muncul beberapa dekade terakhir. Dotcom selalu mengatakan sudah dalam jalur untuk segera break even point, setelah itu IPO di bursa atau diambil alih oleh perusahaan lebih besar. Namun tak lama kemudian, perusahaan itu tidak bisa bertahan dan keuangannya menjadi berdarah-darah.

Facebook sebaliknya, terus bertahan untuk menjadi independen, meskipun juga menerima sedikit modal dari Microsoft maupun perusahaan media asal Rusia. Tapi rumor yang berkembang, Facebook juga akan segera IPO setelah menunjuk kepala keuangan baru.

Tak bisa disangkal selain membanggakan, melayani jumlah user lebih dari 200 juta di seluruh dunia butuh operasional besar. Kegiatan user di seluruh dunia yang terus mengupload foto dan status, membuat kebutuhan server harus terus ditambah.

Tampaknya hal itu disadari oleh Facebook dengan mengangkat Sheryl Sandberg sebagai chief operating officer (COO). Wanita inilah yang menjalankan bisnis Facebook saat sang pendiri, Mark Zuckerberg, tidak di kantornya.

Melihat latar belakang Sheryl Sandberg, orang bisa kagum. Ia lulusan MBA Harvard dan pernah meluangkan waktu bekerja sebagai chief of staff di pemerintahan Bill Clinton dan kemudian menempati posisi tinggi di Google sebelum pindah ke Facebook.

Sandberg menegaskan Facebook bisa mengumpulkan uang. Dan pada 2010 Facebook akan bisa mendapat cashflow positif. “Tidak hanya menutup segala ongkos, tapi kami membuat investasi di pertumbuhan kami di seluruh dunia dan revenue dari iklan menutupi biaya itu.”

Facebook mengatakan revenue-nya naik 70% year-on-year justru di saat resesi terburuk. Tapi tetap saja masih banyak yang skeptis, situs jejaring sosial seperti Facebook mampu menghasilkan uang dari iklan dalam jumlah yang bisa diandalkan.

Memang Facebook telah menjadi bisnis yang mapan, dengan pertumbuhan yang stabil menuju kondisi yang bisa menghasilkan keuntungan. Tapi hal itu juga terjadi pada situs yang lebih tua, MySpace, setahun lalu yang tiba-tiba saja menjadi kurang populer.

Jadi kalau ingin selamat, Facebook harus mampu terus meningkatkan pertumbuhannya dan di waktu sama menjadikan situsnya tidak cepat membuat usernya bosan atau kalah dari pemain baru, seperti yang dialami MySpace. Apalagi Twitter, makin populer dan bisa membuat Facebook meredup.

Akan kah Facebook Merosot Karirnya Seperti MySpace dan Friendster..?

sumber : www.tembang.web.id

14 komentar:

"Zazha Say" mengatakan...

yah mungkin aja..klo ada itus jejaring sosial yang lebih baik dr facebook..ok ob mantap artikelnya

ina mengatakan...

may be,...

nice info

vie_three mengatakan...

iya-iya.... aq ajah udah mulai bosen tuch maen2 di facebook.... :| aq malah lebih suka maen2 di blogspot :s

intermezo mengatakan...

mungkin saja semua bisa terjadi... aku juga dah jarang login ko :D

animation, money 'n' more mengatakan...

yah mungkin aja nanti akan mengalami seperti FS,myspace setelah ada penggantinya....:0

Aa Yohan mengatakan...

bisa saja meredup, kayak FS butuh waktu 5 tahun lagi facebook untuk meredup. he..he.. kayak warnet aja bentar lagi mau redup karena sekrang provder murah murah.

nuruli12 mengatakan...

ya bisa aja sih, soalnya yang namanya manusia itu punya rasa bosan, kalo setiap hari cuma di hadapkan sama 1 hal yg itu2 aja, pasti lama kalamaan akan bosa jg :D
bisa aja facebook di tinggalin sama user2nya, seperti friendster dulu :D

hendrie k_bejo mengatakan...

bisa yak bisa juga yuk, terserah para narsisme lah...

GERY mengatakan...

tidak ada yang tidak mungkin brow

antaresa mengatakan...

Mark Zuckerberg keren ya bisa jadi trilyuner muda, aku juga mau jadi kayak dia. punya situs yang sangat berguna dan mengasyikan, Tapi kalo masalah bangkrut atau nggak sih aku ga tau

: :AAN: : mengatakan...

weww...
kLo FB bnrn rugi gmana dund....
:((

Master Oos mengatakan...

Menurut buku yang saya temukan.
facebook bisa saja bangkrut dan terancam gulung tikar.
Alasannya nih bro: perkembangan facebook akhir-akhir ini (tahun 2009) sangat pesat sekali. Bahkan kemarin saya sempat ngecek situs dengan traffik tertinggi di Indonesia adalah facebook.com yang menyalip google.co.id / yahoo.com ( alexa.com ).. tapi para pengguna yang memanfaatkan space FB yang unlimited dan banyaknya pengguna saat ini sangat merepotkan ( misalnya 1000 kali pose foto alias narsis )dan semakin hari semakin banyak saja aplikasi yang merugikan. :(

buat Mark Elliot Zuckerberg, tuh ga masalah. umur 25 tahun dengan kekayaan bersih $1.5 billion... welehhh :s

genialbutuhsomay mengatakan...

yupp.. sepertinya memang demikian... prenster adalah contoh terdekat dan terjelas... tp walo gmn, ttp ajja mereka-mereka itu org hebat... canggih :( napa mereka bisa gw kaga??!?! kqkqkqkqkqkqkq... kebetulan saiia nya termasuk pembenci pesbuk kang... heheheh.. gmn dengan jejaring sosial lainnya sperti blog ato WP ato MP?!??!

Judi Bola mengatakan...

kayaknya g bakalan bangkrut deh ga.. soalnya banyak mengingklankan produknya di web itu

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/
:-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar